Senin, 07 Desember 2009

GEMAR (GERAKAN MASYARAKAT) PEDULI ADIPURA



Oleh : Lukas S. H, SSos, MM *)
Arsip/Jumat, 27 Nopember 2009
\\\
Keberhasilan meraih Piagam Adipura merupakan titik awal dalam persaingan meraih Piala Adipura pada tahun 2010 mendatang. Keberhasilan yang sekaligus menjauhkan dari rasa keberpuasan diri, membuat duet pemimpin Kota Bekasi ini terus memacu kinerjanya, salah satunya dalam menggapai Piala Adipura yang diidam-idamkan, tidak hanya oleh keduanya, tapi sekaligus oleh jajaran Pemkot Bekasi dan masyarakat Kota Bekasi.

Dalam rangka menyongsong Kota Bekasi menuju Adipura 2010, saat ini jajaran Pemkot Bekasi sedang giat mencanangkan berbagai macam program kebersihan. Program tersebut diselenggarakan dalam menunjang penilaian Piala Adipura yang akan datang. Hal tersebut tampak melalui program seperti Jumat Bersih (Jumsih), Sabtu Bersih (Sabsih), hingga Gerakan Masyarakat Peduli Adipura (Gemar Adipura) yang baru-baru ini dicanangkan.(sumber : http://www.kotabekasi.go.id/read/718/mantan-ketua-mpr - opti mis-kota-bekasi-raih-adipura)

Sungguh suatu keinginan dari kita semua untuk dapat hidup bersih, terlepas dari kita semua akan mendapatkan penghargaan yang memang membuat kita bangga jika mendapatkannya. Mengapa kita berbangga hati jika mendapatkan Piala Adipura ?. Banyak yang dapat kita peroleh jika kita dapat mencanangkan dan mewujudkan kota Bekasi ini menjadi kota bersih. Keuntungan-keuntungan yang akan kita peroleh langsung adalah :
- Investor akan betah menanamkan investasinya pada satu tempat yang memang tempat tersebut tertata dengan rapi,
karena pada prinsipnya suatu yang tampak tertata rapi dari luar, dapat mencerminkan sesuatu yang didalamnya.
- Dengan kebersihan yang kita raih bersama tersebut tentu dapat menghemat pengeluaran pemerintah dalam hal biaya kesehatan, karena jika kebersihan dapat kita raih, maka secara tidak langsung tentunya akan menjamin kesehatan
dari para penghuninya.
- Jika kita semua hidup bersih dan penuh keteraturan hidup, maka segala bentuk bencana Insya Allah akan menjauh dari lingkungan kita, contohnya bencana banjir, bencana penyakit menular dll.
- Jika kita semua hidup bersih dan penuh keteraturan hidup, secara langsung akan memperoleh kenyamanan hidup,
contoh konkritnya adalah kita akan dapat bernafas lega dilingkungan yang bersih dan asri, dibandingkan dengan
didaerah yang kumuh dan kotor.
- Dengan tubuh dan jiwa yang sehat, akan lahir generasi Bangsa yang kuat fisik dan mentalnya, dan diharapkan dapat menjadi pemimpin Bangsa yang baik dan teruji.
Sebagian keuntungan-keuntungan diatas merupakan keuntungan yang kita peroleh secara bersama-sama. Bagaimana keuntungan Pribadi jika kita hidup disuatu perumahan ataupun suatu kumpulan perumahan atau areal perumahan, jika kita dapat mempertahankan hidup bersih dan secara taat melaksanakannya dalam kehidupan kita sehari-hari. Dibawah ini dapat saya gambarkan keuntungan-keuntungan tersebut antara lain :
1. Jika lingkungan perumahan kita bersih, asri dan tertata rapi, maka calon-calon penghuni akan melirik untuk dapat
tinggal dilingkungan kita tersebut, hal ini akan mengakibatkan nilai tanah dan bangunan milik kita akan meningkat
menjadi mahal, dan jika kita memang memiliki rumah untuk berinvestasi, suatu keuntungan telah didepan
mata kita, jika lingkungan perumahan kita bersih, asri dan tertata dengan rapi.
2. Jika lingkungan perumahan kita bersih, asri dan tertata rapi, kesehatan yang harganya sangat mahal akan menjadi milik kita bersama, mengapa ? ya sudah jelas memang ada dilingkungan yang bersih dan terawat rapi penghuninya penyakitan ?
3. Dalam ilmu kesehatan kita mengenal istilah Men sana in Corporisano yang artinya dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat, dengan kesehatan tubuh dan jiwa, tentu kita dapat berbuat banyak lebih baik lagi, dan dapat memecahkan suatu masalah dengan akal sehat juga.
4. Dengan tubuh dan jiwa yang sehat, akan lahir generasi Bangsa yang sehat dan untuk lingkungan perumahan tentu akan lahir generasi yang sehat dan berpikir sehat karena tubuh dan jiwanya yang sehat, dan dapat berbuat bagi lingkungannya
5. Lingkungan perumahan kita akan terhindar dari segala bentuk bencana dan dengan demikian kita dapat memikirkan dan melaksanakan hal-hal lain yang lebih bermanfaat bagi lingkungan kita.
Berarti dalam hal ini kita sebaiknya menyadari bahwa keinginan yang tertanam dalam diri Pemimpin kita terlepas motivasi apa yang menyertainya, jika hal tersebut dapat menyebabkan keuntungan kita bersama (kemaslahatan) kita semua, sepatutnya kita dukung. Dukungan ini telah terwujud untuk Kecamatan Jatiasih, dimana pada hari Jumat tanggal 20 Nopember 2009, Organisasi Gerakan masyarakat peduli Adipura (Gemar) Adipura telah terbentuk dan Insya Allah dengan bersama-sama didukung oleh seluruh masyarakat di lingkungan Kecamatan Jatiasih, kehidupan bersih tadi dapat diraih dan dipertahankan oleh Masyarakat Jatiasih khususnya dan Masyarakat Bekasi pada umumnya.

*) Penulis merupakan Ketua RT. 04, Pengurus RW.09, Pengurus POKDAR sub. sektor 29- Jatiluhur, dan Wakil Ketua Organisasi Gerakan masyarakat peduli Adipura (Gemar) Adipura tingkat Kecamatan (Kecamatan Jatiasih), dan Pencetus Gerakan Salam Bersih Community (Anti Corruption Community).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar